Table Manner

Table setting umumnya digunakan pada acara makan yang bersifat formal atau special. Table setting adalah rangkaian kegiatan alam mengatur dan melengkapi meja makan dengan menggunakan peralatan yang dipakai untuk makan seperti chinaware (B&B plate dan tea cup dan saucer), silverware (sendok, garpu dan pisau), glassware (gelas), dan linen (moulton, table cloth dan napkin) dan table assesories (ashtray, salt and pepper shaker, flower vase, sugar bowl, dan table number). Salah satu jenis table setting adalah jenis Elaborate table set-up yang biasanya digunakan untuk menutup meja makan secara lengkap pada jamuan yang bersifat formal. Tatanan meja jenis Elaborate table set-up adalah seperti gambar dibawah ini:

tm

Masing-masing alat pada foto diatas memiliki fungnya masing-masing yaitu:
1. Bread and Butter plate
2. Butter spreader
3. Salad Fork
4. Dinner Fork
5. Place plate
6. Dinner knife
7. Soup spoon
8. Salad knife
9. Dessert poon
10. Dessert fork
11. Napkin

Pada Jamuan formal umumnya terdapat beberapa jenis menu
1. Appetizer (Hidangan pembuka) 
Sebelum hidangan pembuka disajikan,  pada bread and butter plate akan disajikan roti  yang dimakan dengan tangan dan butter spreader hanya digunakan untuk mengoleskan mentega saja. 
2. Salad
Salad dimakan dengan menggunakan pisau di tangan kanan dan garpu di tangan kiri. Pisau dan garpu untuk salad akan berada di sisi paling luar cutelery dan ukurannya akan lebih kecil dibandingkan dengan yang digunakan untuk hidangan utama.
3. Soup 
Cara memegang sendok soup adalah seperti memegang bolpoint; Cara menyendok soup adalah arah keluar bukan ke arah dalam untuk menghindari percikan soup agar baju tidak kotor; Sendok soup dibawa ke mulut dan bukan sebaliknya; Hiruplah soup sepelan mungkin dan tidak menimbulkan suara dan jangan meniup soup jika masih panas; Jika sudah selesai,  sendok soup diletakkan di atas alas piring.
4. Main Course (Hidangan utama)
Hidangan utama sering berupa daging, steik atau sea food dan disajikan bersama olahan sayuran dan kentang sebagai pendamping menu utama. Umumnya ada dua cara menyantap hidangan utama:
1. Ala Amerika Makanan dipotong-potong dulu kemudian letakkan pisau di sisi kanan piring, kemudian garpu dipindahkan ke tangan kanan untuk menyuap makanan.
2. Ala Eropa Pisau selalu di tangan kanan untuk memotong dan menikmati hidangan dengan garpu menggunakan tangan kiri. Posisi jari telunjuk tepat di atas punggung garpu atau pisau, untuk memudahkan saat memotong makanan dan agar kelihatan tidak kaku
5. Dessert (Hidangan penutup)
Cara menyantap dessert atau hidangan penutup adalah dengan menggunakan sendok kecil, garpu kecil atau pisau kecil yang diletakkan pada bagian atas piring main course.

 

 

 

Iklan

One Comment Add yours

  1. Kopral Jabrik berkata:

    Hanya dua kisah yang diunggah di blog selama satu semester ini yaaaa?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s